Jumat, 25 Juni 2010

Tips memilih frame plastik berdasarkan resep





Sebagai RO ataupun sales ataupun praktisi optik tentu harus sebagai konsultan, karena bagaimanapun dalam melayani konsumen yang mencari kacamata harus tahu betul apa kebutuhan dari konsumen tersebut.

Untuk itu nih ada kiriman dari Mas Denny Oktavianto yang meluncur ke inbox FB saya dan sharing disini. Terima kasih mas Denny dan juga buat anda yang ingin ikut mengisi artikel di blog ini dipersilakan :)

Frame atau dikenal sebagai bingkai kacamata diklasifikasikan menurut bahan utamanya terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Frame Metal ( berbahan dasar logam )
2. Frame Plastik ( berbahan dasar plastik )
3. Frame Kombinasi ( berrbahan dasar plastik dan logam )

Seringkali seorang customer mengeluhkan bentuk frame pada saat pengambilan kacamata. Meski nomor seri frame dan warna sama, namun ketika dipakai tidak seperti sebelumnya. Fenomena seperti ini mungkin pula anda rasakan sebagai praktisi. Tidak sedikit di antaranya menimbulkan rasa ketidakpuasan yang berbuntut pasien meminta uangnya kembali alias membatalkan pembelian di toko tersebut.

Sebenarnya apa yang terjadi?Apakah praktisi atau penjual berbohong pada customer? Realitas ini akan kita coba bahas terutama bagi anda yang memilih frame berbahan dasar plastik, khususnya rim (=tempat menaruh lensa ) berasal dari plastik. Harapannya adalah untuk meminimalisir hubungan yang kurang baik antara praktisi dan pasien berkenaan dengan hasil akhir kacamata yang dipesan Telaah ini kami buat berdasarkan pengalaman, karena sedikit sekali literatur yang membahas permasalahan ini secara komprehensif. Oleh karenanya, wacana masih bisa diperdebatkan oleh siapapun, walau anda mungkin bukanlah seorang praktisi optikal.

Sifat-sifat rim plastik beberapa diantaranya adalah sbb :


1. Mengikuti bentuk lensa
2. Semakin lama akan berkurang keelastisannya dikarenakan kadar air yang dimiliki oleh plastik
3. Berubah warna setelah dipakai beberapa lama
4. Mudah berubah bentuknya bila terkena panas

Sifat yang mewakili permasalahan seperti di atas adalah pada poin 1. Berikut ini adalah tips dan saran beserta penjelasannya berkaitan dengan poin 1, antara lain :

1. Hindari penggunaan frame ini bila ukuran kacamata anda, baik yang kanan maupun kiri memiliki astigmat atau cylinder ( bisa plus atau minus )

Bila sebuah lensa dianggap sebagai media yang mewakili 0-360 derajat, maka lensa berukuran cylinder tidak memiliki kelengkungan yang sama di setiap besaran derajatnya. Hal inilah yang memicu bentuk rim khususnya dan frame secara keseluruhan tampak berbeda dengan saat anda memilih. Apalagi bila besaran ukuran dan sudut cylinder mata kanan dan kiri berbeda.

Rim memiliki kecenderungan berbentuk “X” bila sudut berbeda, bila sudut sama dan ukurannya berbeda, maka rim akan nampak maju sebelah.

2. Hindari pemilihan frame dengan rim plastik bila salah satu ukuran mata memiliki cylinder.

Sebagaimana dijelaskan pada poin sebelumnya, ukuran cylinder akan membuat rim mengikuti bentuk lensa. Apalagi bila ukuran salah satu mata anda adalah minus atau plus saja. Rim akan nampak maju sebelah.

3. Pilih frame dengan diagonal terpanjang ( diameter terpanjang rim ) yang tidak terlalu besar bila ukuran minus anda tinggi ( di atas – 3.00 )

Ukuran minus memiliki ciri khas semakin tinggi ukurannya, maka bagian tepi lensa akan semakin tebal. Semakin kecil rim yang anda pilih akan membuat lensa tampak tipis meski kita tidak memperhitungkan faktor indeks bias yang berpengaruh pada tingkat ketipisan lensa. Akan tetapi bagi anda yang memiliki ukuran di atas minus – 6.00 atau perkiraan ketebalan bagian tepi lensa lebih dari 6mm, pilihlah frame berrim plastik dan ada nose pad ( penahan hidung ). Bila ketebalan telah melebihi 6mm, lensa cenderung akan keluar dari rim. Bila bagian tebal tersebut terjadi di bagian nasal ( dekat hidung ), hidung anda akan mudah luka, iritasi atau berwarna hitam.

4. Pilih frame dengan diagonal terpanjang ( diameter terpanjang rim ) yang agak besar bila ukuran anda plus ( + )

Lensa Plus memiliki sifat dimana semakin tinggi ukurannya akan semakin tipis. Alangkah baiknya bilamana anda sebagai customer memilih frame agak besar atau mendekati diameter lensa yang dibuat oleh pihak industri. Agar dari segi kosmetik kacamata akan tampak bagus.

Mekanisme pemilihan frame ini hanyalah sebagai langkah awal meningkatkan tingkat kepuasan anda. Ada beberapa hal lain yang memberikan efek, namun tidak sesignifikan pemilihan frame. Moga bermanfaat. Kritik dan saran seperti biasa ya. Ciao
Source image: http://www.sz-wholesale.com(sumber optik online.info)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar