Jumat, 25 Juni 2010

TES buta warna dengan ishihara

Bagi anda yang punya masalah dengan warna, misal kalo ada warna tertentu bercampur dengan warna lain jadi gak bisa membedakan, maka sebaiknya anda segera periksa mata anda ke dokter mata atau minimal puskemas.

Biasanya di puskemaspun udah ada alat untuk pemeriksaan buta warna, sebagaimana kalau kita mau minta surat keterangan sehat pasti di dalamnya ada keterangan tentang buta warna atau tidak. Bisa bisa di bayangkan nggak kalau kita buta warna tertentu misal hijau atau merah atau kuning yang sudah dalam keadaan total, pas kita lagi berkendara dari jauh lampu udah warna kuning di mana sebentar lagi akan merah sedang jarak kita masih jauh, Kita kebut itu motor dan ternyata warnanya udah merah tapi kita lihat warna kuning , maka JJJJJJDDDDEEEEERRRRR, tabrakan deh, atau priiiiiiittttt, pak polisi deh. ( E e e khan merah kuning tempatnya beda, ya sih… ini cuma contoh kok). Yang pasti agar kita hati-hati aja berkendara.

IshiharaMungkin contoh yang mengena adalah kita seorang design yang perlu teliti tentang warna, nah di situ mungkin lebih tepat yaaa, tapi lagi kita semua di beri kelebihan yang lain, jadi misalnyapun kita ada kelainan tentang warna kadang kita malah bisa mengerjakan apa yang berhubungan dengan warna.

Alat untuk periksa buta warna adalah Ishihara, kayak nama jepang, ya kali memang dari jepang kali. Di situ bukan anda di tanya ini warna apa, itu warna apa, tapi anda di perlihatkan adanya tulisan di mana tulisan itu di bentuk dari kumpulan warna yang agak sejenis dan beda dengan di sekitarnya. Nah, tentu tugas anda harus bisa menebak e menebak, bukan menebak tapi benar tahu betul betul itu angka berapa misalnya. Juga ada berupa jalan atau jalur yang berkelok-kelok nah anda harus bisa mengikuti arah jalur itu. contoh testnya kayak di bawah ini:

IshiharaIshiharaIshihara

Ishihara

Dan masih banyak lagi, lha wong satu buku, ini contoh aja yaaa(sumber optik online.info)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar